Kamis, 16 Juni 2016

Malang kota Paris of East Java



Kota Malang adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota Malang berada di dataran tinggi yang cukup sejuk, dan seluruh wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Malang.  Kawasan Malang Raya dikenal sebagai salah satu daerah tujuan wisata utama di Indonesia.

Dimalang terdapat kebudayaan berupa :
  • Topeng Malangan
Menurut sejarah, Topeng Malang adalah sebuah kesenian kuno yang usianya lebih tua dari keberadaan Kota Apel ini.
Terlebih lagi sudah diperkenalkan sejak zaman kerajaan Gayajana dan biasanya para pemahat Topeng Malangan sudah turun temurun. Topeng Malangan banyak digunakan dalam pementasan drama karna bentuk topengnya yang dibuat seperti karakter jahat,baik,sedih,cantik,dll.

Makanan dan Minuman Khas Malang:
  • Angsle, minuman hangat dengan bahan santan, ditambahi isi macam-macam, seperti petulo mayang, kacang hijau, ketan, mutiara sampai irisan roti menghasilkan minuman nikmat.
  • Orem-orem, makanan khas, seperti sayur lodeh, tapi isinya irisan tempe kacang / menjes rasanya nikmat sekali disantap dengan kupat atau lontong.
  • Bakpao Telo Ungu, bentuk dan rasanya seperti bakpao pada umumnya namun aroma ketelanya memapu menambah nikmat. Terbuat dari ketela ungu yang merupakan hasil pertanian utama di kota malang.
Ciri khas Kota Malang :

  • Bahasa Walikan, pasti kalau sudah ke malang sudah tidak asing lagi dengan bahasa walikan arek-arek malang atau bahkan ada yang bingung. Banyak arek-arek malang yang senang menggunakan bahasa walikan, contohnya seperti : rek menjadi ker , malang menjadi ngalam , makan menjadi nakam , dan masih banyak lagi.
  • Julukan Paris of East Java, Kota Malang mendapat julukan Paris of East java karna keindahannya seperti Kota Paris.
  • Julukan Kota Bunga, karna di Kota Malang banyak tumbuh bunga dan pohon-pohon besar yang tumbuh dengan indah dan asri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar