Kamis, 16 Juni 2016

Farmasi itu Asik!

Pasti kalo dengar kata Farmasi langsung nyambung dengan obat-obatan kan ya? Yaaa anda benar sekali! Inilah jurusan yang aku ambil di UMM. Farmasi adalah salah satu cabang ilmu kesehatan yang memiliki fokus utama dalam seluk-beluk obat-obatan alami dan sintetik.

Kenapa ya harus pilih farmasi? karna pembelajarannya gak akan bosan deh! buat kamu yang suka ngitung dan analisi jurusan ini cocok banget buat kamu! Selain itu, kita juga bakal belajar penalaran/logika, tubuh manusia, kesehatan masyarakat, dan manajemen pemasaran.

Dan tentunya dalam jurusan farmasi kita banyak sekali melakukan pratikum dan bukan pratikum biasa karna kita pratikum menghasilkan formula obat yang akan diproduksi.

Jangan takut untuk masuk dalam jurusan farmasi. Banyak yang bilang kalo masuk jurusan farmasi itu banyak tugas dan kurang waktu untuk bisa jalan-jalan. Dan itu aku yakinin salah besar! Karna, kalo kita niat pasti semua beban dan pikiran negatif pasti akan sirna. Saran sih, untuk masuk jurusan farmasi jangan hanya karna ikut-ikutan teman atau bahkan karna katanya 11-12 sama kedokteran. Tentunya jurusan farmasi berbeda dengan jurusan kedokteran karna farmasi lebih fokus ke obat-obatan walaupun kami mempelajari tubuh manusia juga.
Berbeda sekali bukan dengan kedokteran.

Selain itu, peluang kerja bagi jurusan farmasi sangat terbuka lebar, karna di Indonesia sendiri masih kekurangan tenaga apoteker. Sebagai contoh peluang kerja farmasi adalah :
  1. Bidang pemerintahan, seperti Departemen Kesehatan, Puskemas, Bdan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
  2. Bagian administrasi pelayanan obat di instansi pemerintahan, polri, maupun TNI.
  3. Menjadi dosen.
  4. Bagian apotek atau instalasi farmasi di rumah sakit.
  5. Industri obat-obatan.
  6. Industri kosmetik.
  7. Industri makanan.
  8. Bidang jamu dan obat tradisional.
  9. Bidang industri dan perdagangan yang menjadi penjamin mutu, kemanan, dan kualitas makanan, obat-obatan, dan kosmetik seperti Sucofindo.
Untuk bisa membuka praktek sendiri atau lebih tepatnya membuat sebuah apotik, dibutuhkan untuk melanjutkan kuliah profesi(Apt.) selama 1 tahun. Semoga dengan artikel ini bisa meyakinkan kalian-kalian yang masih ragu untuk masuk ke jurusan farmasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar